Kamis, 10 Mei 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH


F. BELAS KASIHAN

    Dalam surat Yohanes, dijelaskan ada tiga macam cinta. Cinta agape ialah Cinta kepada Tuhan. Cinta philia ialah cinta kepada orang tua dan saudara. Dan cinta Amor/ eros ialah cinta antara pria dan wanita. Beda antara cinta eros dan amor ini ialah cinta eros karena kodrati sebagai laki-laki dan perempuan, sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinanar, misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau dinikahi seorang pemuda yang kerdil.
   Disamping itu masih ada cinta terhadap sesama, yaitu perpaduan antara cinta agape dan cinta philia. Dalam cinta sesama, digunakan istilah belas kasihan, karena cinta disini bukan karena cakapnya, cantiknya, pandainya, melainkan karena penderitaannya. Penderitaan ini mengandung arti luas, mungkin karena sakitnya, tua, yatim, dll.
    Jadi kata kasihan, berarti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain. Ada pengertian bahwa rasa cinta adalah persatuan tanpa syarat. Itu berarti dalam rasa belas kasihan tidak terkandung unsur pamrih. Belas kasihan yang kita tumpahkan benar-benar keluar dari lubuk hati yang ikhlas. Apabila kita memberikan uang kepada pengemis agar mendapatkan pujian, itu berarti tidak ikhlas, berarti ada tujuan tertentu. Hal seperti itu banyak terjadi dalam masyarakat.
    Cara-cara menumpahkan cinta kasih :
Ada beberapa cara kita dalam menumpahkan cinta kasih. Sebagai contohnya, memberikan uang kepada orang yang tidak mampu, mendoakan orang yang sakit, membantu orang yang sedang dalam keadaan kesulitan, dll. Contoh lainnya adalah belas kasian yang dilakukan oleh Pangeran Sidharta Gautama, seorang pangeran dengan harta berlimpah, yang rela menjadi orang susah karena belas kasihnya kepada orang-prang yang kesusahan

G. CINTA KASIH EROTIS

    Cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan seseorang dengan yang lainnya pada hakekatnya, cinta kasih tersebut bersifat eksklusif, bukan universal, dan juga barang kali merupakan bentuk cinta kasih yang paling banyak dipercaya.
Cinta kasih erotis apabila ia benar2benar cinta kasih, memiliki satu pendirian, yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanyanyang sedalam-dalamnya, dan menerima pribadi orang lain dengan jiwanya yang sedalam- dalamnya.
    Mencintai dan mengasihi seseorang bukan hanya merupakan perasaan yang kuat. Melainkan merupakan suatu putusan, suatu penilaian, suatu perjanjian. Apabila cinta kasih hanya meruoakan perasaan saja, tidak ada dasarnya, tidak ada dasarnya untuk saling berjanji akan mencintai dan mengasihi untuk selama-lamanya. Perasaan itu dapat timbul dan tenggelam pula. Bagaimanaka saya dapat memastikan bahwa perasaan itu akan menetap selama-lamanya bila erbuatan saya itu mengandung suatu penilaian dan putusan?
    Dengan memperhatikan pandangan-pandangan ini, maka dapat sampai kepada pendapat bahwa cinta kasih hanyalah perbuatan emauan dan mengikat diri saja sehingga pada dasarnya tidak usah dipedulikan siapa-siapa kedua orang yang terlibat didalamnya. Apakah pernikahan itu diatur oleh orang lain kah atau merupakan hasil pemikiran individual, hal ini tidak menjadi soal. Yang terpenting sesudah pernikahan itu dilangsungkan, perbuatan kemauan seharusnya menjamin cinta kasih.
    Dengan demikian, maka, baik pandangan bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari pada perbuatan kemauan, kedua-duanya benar, atau lebih tepatnyajika dikatakan bahwa tidak terdapat pada yang satu, juga pada yang lain. Oleh karena itu, gagasan bahwa hubungan pernikahan mudah saja diputuskan apabila orang tidak bersukses didalamnya, maka gagasan yang sama sekali keliru dengan gagasan bahwa hunungan semacam itu, didalam keadaan bagaimanpun, tidak boleh diputuskan.




Untuk artikel lainnya, ada di bagian bagian bawah ini.


BAGIAN 1


BAGIAN 2 


BAGIAN 3


BAGIAN 4


REFERENSI :


http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab4-manusia_dan_cinta_kasih.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar