Senin, 19 Maret 2012

Budaya dan Teknologi


Kali ini saya akan membahas tentang hubungan antara budaya dengan teknologi.

         Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat pesat, dapat kita lihat dari munculnya produk-produk baru yang memiliki spesifikasi terbilang canggih dan memiliki sistem operasi terbaru seperti android, windows, dll. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Mulai dari low-end sampai yang high-end. Orang-orang yang memiliki dana terbatas pun juga sudah bisa menikmatinya. Perkembangan teknologi ini, tidak hanya untuk orang dewasa saja, anak-anak pun juga banyak yang memiliki perangkat terbaru seperti tablet canggih keluaran s*ms*ng atau keluaran a**le. Segala sesuatu bisa kita lakukan di perangkat perangkat seperti ini, seperti menyaksikan video, merekam momen-momen indah, membuat pekerjaan, sebagai agenda harian dan pengingat, bermain game, dll. 

          Teknologi yang canggih kini menjadi sebuah kebutuhan bagi orang-orang di jaman yang serba cepat ini.
Tapi perkembangan teknologi ini juga bisa menghasilkan berbagai kebudayaan baru seperti gaya hidup instant. Dengan adanya kemudahan seperti ini, orang orang menjadi malas untuk melakukan sesuatu yang berat. Orang-orang ingin semuanya serba cepat, seperti mentransfer uang yang tidak perlu melalui kantor-kantor bank. Memesan suatu barang via internet. Belajar via internet. Tapi disamping itu, ada beberapa hal yang bersifat negatif, seperti: Mengerjakan tugas dengan cepat hanya dengan “copas” (copy paste). Ini menimbulkan budaya malas akan timbul dari diri seseorang.
Selain itu, budaya budaya lain yang jelas berbeda dengan budaya kita pun akan mudah masuk dan mencoba mengambil alih kebudayaan kita.

           Oleh karena itu, bijaklah dalam kemajuan teknologi yang pesat ini. Jangan sampai kita diperbudak oleh teknologi. Janganlah salah dalam menggunakan teknologi. Pikirikan baik baik sebelum anda menggunakan atau memakai teknologi tersebut.


gunadarma.ac.id

3 komentar:

  1. cek cek manuel ......

    dion edo
    http://52411174.student.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus
  2. wow bermanfaat bgt artikel’y…..
    ditunggu yaa tulisan” berikut’y….

    SEKAR AGENG PRATIWI
    sekar_ageng@student.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  3. wow sangat amat luar biasa bagus banget sekali postingan anda.

    Mirza Fahmi Anshari
    54411502.student.gunadarma.ac.id
    mirzanshari@student.gunadarma.ac.id

    BalasHapus