Rabu, 24 April 2013

Social Network (Jejaring Sosial)

A. Sejarah Social Network / Jejaring Sosial.

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Konsep Social Network / Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

Teknologi Social Network / Jejaring Social

beberapa contoh jejaring social, diantaranya adalah

1. Facebook


Facebook adalah sebuah website yang bertemakan social networking (Pencari Teman di Dunia Maya).
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.

2. Twitter


Twitter berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”
Twitter dibangun oleh Jack DorseyNoah GlassEvan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006.

3. LinkedIn


Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn.

4. Myspace


MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.

5. Google+


Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video.

6. deviantART

a
Suatu situs jejaring sosial yang bergelut dalam bidang seni, terutama dalam seni gambar. DeviantArt meluncur pada 7 Agustus 2000  oleh Angelo Sotira,dkk.

7. Cafemom


Dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita.
Prinsip situs ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar informasi.
CafeMom dibuat oleh  Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun 2006.

8. Ning


Situs jejaring yang unik, Pengguna dapat membuat “jejaring sosial”-nya sendiri disini. Tampilan, rasa, dan bahkan set fitur setiap jejaring sosial (seperti foto atau likes) dapat diatur sendiri oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring sosial yang dibuat juga bisa diatur.
Ning dibangun bersama oleh  Marc Andreessen dan Gina Bianchini.

9. Badoo

a
Situs jejaring sosial Badoo berfokus pada perkencanan. Situs ini dibangun oleh enterpreneur Andrey Andreev pada tahun 2006.

10. Pinterest

a     
Pinterest adalah jejaring sosial yang bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board).Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari berbagai belahan web.
Papan pengumuman ini, disebut pinboard, bisa ditemakan dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain.


B. Kelebihan dan Kekurangan Social Network / Jejaring Sosial

a. Kelebihan
Dengan adanya Social Network / Jejaring Sosial, kita semakin dimudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. selain itu, dengan menggunakan jejaring sosial, penyampaian informasi pun akan semakin cepat.
misalnya untuk berkomunikasi dengan kawan lama, kita tidak memerlukan lagi waktu berhari-hari untuk menunggu sebuah surat balasan, dalam hitungan menit, bahkan detik, kita sudah bisa mendapatkan informasi, maupun kabar.

b. Kekurangan
Banyak hal negatif apabila jejaring social tidak digunakan secara bijak, seperti :
1. Terganggunya privasi
    Terkadang ada orang yang menaruh foto pribadinya di dalam jejaring social, tetapi oleh tangan-tangan orang jahil, foto bisa saja tersebar luas dan membuat pencitraan buruk terhadap pemilik foto. Tidak hanya foto, hal lain yang terdapat dalam jejaring sosial yang bersifat privasi pun bisa menjadi korban juga.
2. Menurunnya interaksi interpersonal.
    Karena begitu praktis dan simpelnya sebuah jejaring social, orang lebih memilih untuk menggunakan jejaring sosial dibanding bertemu tatap muka langsung. Ada pepatah "menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh". rasanya pepatah ini cocok untuk penggunaan jejaring sosial yang berlebihan.
3. Membuat "kecanduan"
    Tidak sedikit anak-anak jaman sekarang yang menjadi kecanduan yang berlebihan terhadap jejaring sosial. kecanduan disini sama seperti kecanduan seseorang terhadap, misalnya 1. rokok. seseorang akan merasa ada sesuatu yang "kurang" apabila sehari saja bila ia tidak merokok. sama seperti pecandu jejaring sosial, mereka akan mrasa ada yang "kurang" apabila ia tidak membuka jejaring sosial yang mereka miliki.

C. Keamanan Social Network / Jejaring Sosial

Saat ini, tingkat keamanan suatu jaringan sosial semakin tinggi, tapi, semakin tinggi pula akal orang-orang bertangan jahil untuk membobol jejaring sosial seseorang. Ada beberapa jejaring sosial yang saya pakai, diantaranya, facebook dan twitter.untuk masalah keamanan system dari kedua jejaring sosial ini, saya menyerahkan kepada pembuatnya, tapi ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mengamankan jejaring sosial kita, seperti :
1. Mengganti password secara berkala.
Misalnya dalam beberapa bulan / minggu / sehari sekali, kita mengganti password. Ini berfungsi mencegah password kita dimiliki oleh seseorang yang memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi, alias "kepo".
2. Kombinasikan password anda.
Dengan mengkombinasikan password, misalnya dengan menggabungkan huruf dengan angka, atau huruf besar dan huruf kecil, atau yang lainnya, seseorang akan sulit untuk menebak-nebak apa password kita.
3. Perhatikan tempat anda membuka jejaring sosial.
Anda perlu waspada apabila membuka jejaring sosial milik anda di tempat umum, seperti warnet, atau tempat yang menyediakan sewa komputer dengan internet lainnya. Tidak sedikit orang yang misalnya lupa me-LogOut atau me-LogOff akunnya. ini menjadi sasaran empuk bagi tangan-tangan jahil untuk merusak jejaring sosial anda, bahkan mencemarkan nama baik anda.
4. Jangan memberikan password anda ke sembarang orang
Terkadang orang yang menjahili kita adalah orang yang kita berikan password kita. oleh karena itu, pastikan password anda aman di tangan orang yang anda percaya.

D. Pemanfaatan dan Pengembangan Facebook di Masa Depan


Facebook kini begitu terkenal, dan banyak orang yang memlikinya, Facebook bisa dijadikan sebagai media pemanfaatan dan juga Perkembangan dimasa depan, dalam pemanfaat, kita menggunakan facebook untuk kegiatan share, komunikasi,promosi,beriklan, pengembangan ilmu,serta  hiburan, jika penggunaan tersebut masih digunakan dalam hal-hal yang positif, untuk pengembangan masa depan kita dapat menaruh permain yang bersifat edukasi pada facebook dan bisa juga tambahan tambahan fitur canggih yang bersifat hidup 3 Dimensi pada bagian wall.

Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Facebook sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi dapat dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog. Facebook memang memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.



http://sejarahsocialnetwork.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_jejaring_sosial
http://wibawaadiputra.wordpress.com/2013/01/27/media-sosial-jejaring-sosial-social-media-social-network/
http://rubysocialnetworks.blogspot.com/2012/03/pemanfaatan-dan-pengembangan-facebook.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar